Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Workshop Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas Dengan

Attachment Image

Kompetensi guru bersifat holistik, kompetensi yang harus dimiliki oleh guru meliputi kompetensi pedagogik, profesional, sosial dan personal. Subkompetensi profesional menuntut guru menguasi struktur dan metode keilmuan dengan indikator menguasai langkah-langkah penelitian dan kajian kritis untuk memperdalam pengetahuan atau materi bidang studi secara profesional dalam konteks secara global. Hasil riset sebelumnya menunjukkan bahwa guru kesulitan dalam menyusun proposal penelitian tindakan kelas untuk perbaikan kualitas pembelajaran. Berdasarkan kondisi tersebut dilakukan pengabdian kepada kelompok guru negeri dan swasta yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PPKn SMP Kota Surakarta dengan pola 32 jam pada Mei-Oktober 2020. Tim Pengabdian yaitu Sri Haryati, Wijianto, Rini Triastuti, Muh Hendri Nuryadi, dan Raharjo. Tujuan pengabdian untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun proposal penelitian tindakan kelas. Metode pengabdian yang digunakan berupa workshop dengan model blended learning, yaitu kombinasi kegiatan tatap muka dan secara online. Hasil pengabdian yang dicapai berupa peningkatan kompetensi guru dalam merancang penelitian tindakan kelas ditandai dengan adanya proposal berkualitas.

 

Selasa 08 September 2020